BAUS BUAS (5) “Penyusup” itu bernama…


بسم الله الرحمن الرحيم

MEMETIK BUAH DARI POHON KEDUSTAAN
(Tanggapan atas tulisan: “Nasihat Untuk Sebuah Blog Yang Telah Menjauhkan Kami Dari Salafy”)

Pengantar
Bismillahirrahmanirrahim.

Ngakunya sih sudah bertaubat dari Sururi dan ruju ke Salafy pada awal 2007. Tetapi lihatlah aksi “kejujurannya” di pertengahan 2007:

Nukilan:
“Ana dimarahi ust As Sewed, “ngapain antum duduk di majlis Hakim Abdat, gak
usah baca buku lau kaana khoiron lasabaquna ilaihi, itu buku susuri..”
Ana juga dimarahu ust Yazid, ngapain antum duduk di majlis As Sewed, jgn
dengerin kajian Asykari nanti seperti dia…”
Ya Allah… ana ikhlas di marahin sana sini, ana ikhlas diomelon temen-temen,
“antum dah berubah haluan ya.. antum salafy campur aduk. Ana ikhlas dijauhi
temen-temen. Tugas dakwah ana masih banyak, tugas ana masih banyak di kampung
ngebina anak-anak kecil yang awam, ngelawan dukun dan kiayi bid’ah, dihajar
sana sini oleh para sufi dan penyembah kubur.
Allahu musta’an… Allahul musta’an…
yaa ikhwah salafiyyin bersatulah antum dan biarkan para ustadz yg memahami
masalah ini yang lebih paham, boleh antum ngaji terserah antum tapi jgn
menghalang-halangi penuntut ilmu dan taklim mereka !!” (La Adri…)

Ketika saat ini anda mengetik alamat situs Fakta, kemudian “berani” membaca artikel kami, berhaklah bagi kami untuk bertanya, “Kenapa anda masih “nekat” juga membuka website pribadi kami? Bukankah “penyimpangan” kami sudah dimasukkan ke dalam locker “manhaj” dan “hizbiyyah” oleh La Adri At Tilmidz? Tidakkah anda takut bahwa kami akan menjerumuskan anda sekalian ke dalam penyimpangan manhaj dan mengajak anda berhizbiyyah ria?” Ataukah anda sedang menanti-nanti apa sikap yang akan kami tempuh setelah dihizbiyyahkan oleh orang yang bernama La Adri?
http://img215.imageshack.us/img215/6916/vonisfaktafirqohmanhajtg7.jpg

Jika ada orang yang ditanya tentang suatu permasalahan dan dia menjawab tidak tahu (karena benar-benar tidak tahu), maka ini adalah sebagian dari ilmu, tidak ada aib padanya dengan jawaban itu. Akan tetapi jika ada orang yang nggak tahu apa-apa kemudian menulis artikel ini dan itu apa kira-kira yang terjadi? Kekisruhan dan kekacauan, fitnah dan tipu daya.
Tetapi, benarkah ada orang yang tidak tahu apa-apa berani menulis fakta? Simak saja…
http://img527.imageshack.us/img527/5120/laadrigaktauapaapaiz0.jpg
http://img215.imageshack.us/img215/9522/akutdktauapaapaep3.jpg

Benarkah dia nggak tahu apa-apa? Atau justru bersembunyi di balik cadar “nggak tahu apa-apa” untuk memuluskan ambisi “apa-apa”-nya?

Dengan timbangan apa orang yang nggak tahu apa-apa ini menghukumi Salafy sebagai sosok yang “serem, kasar, beringas, gak beradab, jutek, galak, kaku, sama sekali gak sopan, berbicarnya beringas, dan seterusnya… dan seterusnya… ?”. Dengan timbangan menurut “lembut, penuh hikmah, dan penuh adab” dari firqah Jama’ah Tabligh!
http://img372.imageshack.us/img372/488/imjtlembuthikmahadabqw2.jpg

Na’am, demikianlah orang yang nggak tahu apa-apa ini ternyata telah menghukumi kami dengan ‘kelembutan kesesatan’ penuh adab kesyirikan dan khuruj ‘penuh hikmah’ dari Jama’ah Tabligh As Sufi Al Hindi. Allahul Musta’aan.

Sungguh tulisan La Adri—yang nggak tahu apa-apa ini—telah membetot perhatian sebagian ikhwah sehingga terpesona sampaipun website Ikhwanul Muslimin, MyQur’an mengasap-asapinya juga, menyambut gembira pahlawan ke”surup”an (sore, Jw), La Adri—yang nggak tahu apa-apa—padahal tanpa selembar benang datapun dia meracau vonis kebencian untuk situs Fakta. Subhanallah.

Tetapi hal ini tidaklah mengagetkan kami, karena terbukti dia tetap menjalin hubungan dengan teman hizbinya, tetap bergaul dan beramah-tamah, yang dengannya dia bisa menjadi wakil suara mereka untuk “memberangus” situs Fakta!
http://img228.imageshack.us/img228/5765/tetapgauldgntmanhizbixi8.jpg

Ya, fakta kehizbiyahan ustadz-ustadz mereka benar-benar telah menyesakkan dada. Bukankah “kambing hitam” ada di depan mata? ‘Kambing hitam’ Fakta yang senantiasa berupaya mengkliping kejahatan dan kehizbiyahan para ustadznya dan memamerkannya kepada umat? Segera tutup Fakta, bisiknya, biar kita tidak bisa menyaksikan lagi bukti-bukti kejahatan orang-orang terhormat kita! Nampaknya, bahasa orang awam, penyebab bingung, kasar tak beretika adalah proposal lempang untuk memuluskan ambisi orang yang nggak tahu apa-apa.

Bukan, bukan fakta yang menjadikannya bingung, tetapi pergaulan bebasnya yang membikinnya bingung, simak bagaimana seorang Akhwat berupaya “menaklukkan” kebingungan orang yang nggak tahu apa-apa ini:
http://img215.imageshack.us/img215/2073/sibingungvsakhwat01yg0.jpg
http://img228.imageshack.us/img228/6695/sibingungvsakhwat02kc5.jpg

Sebentar, berbicara hal yang tidak sopan, kasar, beringas tak beretika kita jadi terigat kembali dengan Joko Waskito dengan ‘Dakwah Salafiyah Dakwah Bijak’, yang pada setelah kelabakan amunisi lemah-lembutnya kedodoran,  akhirnya mempertontonkan dirinya sebagai orang yang ngawur, bicara seenaknya dan dan… (telah berlalu bukti dan penjelasannya di artikel BAUS Buas 2).

Kami akan tunjukkan kepada anda sebuah contoh kesopanan bahasa dan kebaikan tutur-kata Amrozi sang terpidana mati Bom Bali itu :
http://img232.imageshack.us/img232/1962/korbanbombalikurangbykvt2.jpg

Amrozi berkata dalam Jawa Pos 26 Januari 2008 : “… seharusnya, “…menyesal mengebom di Bali karena korbannya 200. Kurang banyak itu. Seribu gitu loh,” katanya lalu tertawa.”

Silakan anda perhatikan ucapan teroris Amrozi di atas (di sisi Abduh, Tohir Bawazir, Pustaka Al kautsar dan teman-temannya mereka adalah mujahid). Adakah kalimat yang tidak senonoh, tidak beretika dan kasar? Tetapi kalau kami (Fakta) menyatakan bahwa ucapan Amrozi itu adalah ucapan biadab, bukankah La Adri dan orang-orang yang sepemikiran dengannya akan menuding kami kasar, brutal dan tak tahu sopan santun?

Jadi wahai saudaraku sekalian rahimakumullah, tidaklah kami dicap brutal, kasar, beringas, gak beradab kecuali karena kami “nekat” mempublikasikan bukti-bukti kejahatan dan kehizbiyahan mereka! Sungguh merekalah yang mencampakkan Tauhid, menolak Sunnah, berenang di lautan hizbiyyah dan kebatilanlah yang brutal, tak beretika dan tak beradab kepada Islam, kepada Allah Ta’ala dan kepada Sunnah Rasul Shallallahu ‘alaihi wa Sallam! Setelah dia mengebom dan membunuh umat Islam, dengan entengnya dibayar dengan kafarah puasa dua bulan berturut-turut! Apakah Amrozi telah menggauli istrinya di siang bulan Ramadhan, sehingga cukup membayar kafarah untuk nyawa muslim yang terkena imbasnya? Inilah tingkah laku tidak beradab terhadap Rasullullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam!

Tidaklah kami divonis sedemikian jahatnya, kecuali karena kami menyimpan dan mengarsipkan bukti-bukti kejahatan hizbiyah mereka. Maka cukuplah Allah sebagai tempat mengadu.

Lihatlah bagaimana Abduh sampai kehilangan pegangan dan amunisi untuk meladeni bantahan ustadz Luqman Ba’abduh, sampaipun Abduh ZA membikin judul bukunya “Belajar Dari Akhlaq Ustadz Salafi”. Tidak ada lagi tempat bagi Abduh untuk menghindar dari bukti-bukti kejahatan aqidah, manhaj dan khurafat harakah Ikhwanul Muslimin, sampai akhirnya “akhlaq” yang dikejar untuk menutupi kerusakan manhaj dan aqidah para tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin.

Jadi, kalau aqidah dan manhaj Ikhwanul Muslimin sesat dalam timbangan Al Qur’an dan Sunnah maka ini masihlah sopan, ramah dan hikmah di sisi Abduh dan kawan-kawan Ikhwanul Musliminnya. Akan tetapi jika anda sampai berani menulis kesesatan dan kerusakan aqidah mereka, maka ini sudah termasuk tidak berakhlaq, kasar dan tak beretika!

Subhanallah, sampai-sampai untuk meyakinkan para pembaca bukunya bahwa ustadz Luqman tak beretika, kasar, berkata-kata yang jauh dari norma kesantunan, Abduh sampai perlu menuliskannya dalam dua catatan dalam buku BAUSnya. Yakni catatan ke 6: “Pemakaian kata-kata yang jauh dari norma kesantunan, kasar, bernada menuduh, dan berlebihan”, yang terdiri dari 11 halaman dan catatan ke 18 yang berjudul, “Tidak suka kesantunan dan menjaga etika dalam mengkritik”, yang terdiri dari 40 halaman!!

Bahkan dibuktikan di artikel kami, BAUS BUAS (1),  Abduh juga bersikeras meyakinkan pembacanya bahwa salafiyyin kasar dan tak beretika dengan menukil ucapan “anjing” dari Syaikh Muqbil rahimahullah terhadap kesesatan Yusuf Qaradhawi. Padahal yang ucapan ‘tidak sopan’ ini juga diajarkan Mursyidul ‘Am Ikhwanul Muslimin, Hasan Hudaibi (diangkat pada tanggal 17 Oktober 1951). Lihatlah Hasan Hudhaibi yang mengajarkan kesopanannya dalam meng”anjing-anjingkan” penguasa.

http://img216.imageshack.us/img216/5154/imvonisanjingjugaxa3.jpg

Cukuplah bermanis muka ketika Mursyidul ‘Am bertemu dengan “utusan anjing” itu, kemudian memasang “foto anjing” tersebut di toilet rumahnya!

http://img216.imageshack.us/img216/6701/kesopananimas7.jpg

Memang, BUTAK SUTAK, Baik Untuku TidAk UntuKmu, Sopan Untukku TidAk untuKmu.

Menengok lebih ke belakang lagi, bukankah pembaca masih ingat bagaimana Syaikh penjajah kafir Belanda, Ahmad As Surkati As Sudani menggelari dakwah tauhid Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah sebagai dakwah keras, musyaddid? Jadi, dakwah yang hikmah, santun dan beretika adalah ketika anda berkolaborasi dengan penjajah, menghalalkan lotre untuk kemudian menerimanya untuk pendirian Stichting Al Irsyad Al Islamiyah. Inilah dakwah bil hikmah!! Dan bukan dakwah musyaddid!!

Tudingan La Adri bukanlah hal baru dan bukan pula suatu kejutan, toh dia nggak tahu apa-apa. Buktinya? Dia tidak membawa selembar ‘benang’ datapun untuk menulis artikel “pendeknya” (agar tidak pegel ?). Sampaipun sanad ‘setengah’ si istri dibawa-bawa pula, bukti lain tidak percaya diri pada kemampuan yang nggak ada apa-apanya guna meyakinkan orang lain. Menyedihkan…

Bukan untuk membela diri, kadang, obat terasa pahit memang, tetapi insya Allah menyembuhkan. Jangan tergesa-gesa bersikap apriori,  “Aku sangat marah kepada blog itu”, dengan menuduhnya kasar dan tak santun, toh teman-teman hizbi anda sendiri yang berbicara demikian.

http://img215.imageshack.us/img215/6356/jgntolakkebenarandrorgyjy2.jpg


Walhamdulillah, iseng-iseng membawa berkah…

Suatu ketika ada sepucuk surat yang isinya tertera tanya-jawab antara seseorang yang bernama “Abu Tilmidz | Sunniy Salafy”, yang dikirim pada tanggal 13 Mei 2008 yang silam. Wallahul musta’aan… saya jadi bertanya-tanya apa dan siapakah Abu Tilmidz itu ? Mungkin juga diantara pembaca ada yang mengalami hal yang sama. Maka perlu kita mintai bantuan lewat internet yang irit daripada harus mencari-cari lewat pulsa telepon atau langsung di lokasi.

Iseng Pertama : Siapakah Abu Tilmidz ?

Sepertinya nama yang janggal dan tidak dikenal dari sekadar nama kunyah “Abu Tilmidz, ditambah lagi nama aneh di situsnya “La Adri at Tilmidz“. Lantas saya mencoba melakukan cek-ricek, ternyata benar ada yang memakai nama itu di sebuah situs, di halaman Profil & Buku Tamu, nampak nama samaran lengkapnya sesuai surat tsb. Apakah sehari-harinya ybs dipanggil la, la adri ? Atau semata-mata nama samaran di Internet agar bisa lepas tanggung-jawab ? Wallahu a’lam. Sebelum berpemikiran yang bukan-bukan, perlu adanya ‘keisengan’ tersendiri untuk menyelidikinya. Anggaplah sebagai ‘balasan’ atas keisengan ybs bertanya ke ustadz kita itu.

Secara iseng saya mencoba mengobati penasaran tentang siapa Abu Tilmidzi yang menanyakan ke ustadz ttg situs fakta itu. Akhirnya saya menemukan tahdzir itu juga dimuat oleh si penanya yang alamat situsnya www.tilmidzi.tk yang redirect ke www.cahayasalafy.blogspot.com dan otomatis pindah ke www.sunniy.wordpress.com .

Tertera identitas ybs menurut situsnya http://sunniy.wordpress.com, nama yang diakuinya di halaman “Man Ana”adalah : La Adri At Tilmidz atau Abu Tilmidz[1] atau Abu Tilmidzi at Tilmidzi[2] atau La Adri At Tilmidzi[3] . Dijelaskan disana alamatnya di Bekasi Timur. Alamat email belakangan secara berturut-turut ditemukan adalah tilmidzi@yahoo.com[4]. Di situsnya merekomendasikan situs http://muslimsalafy.googlepages.com yang di halaman utamanya tertulis milik “La Adri at Tilmidzi, Bekasi Timur – Indonesia”, berarti ybs punya email lain yakni muslimsalafy@gmail.com [5]. dewa_ihp@yahoo.com[6], Dewa.Putra@snsgroup.co.id.[7]

Man Ana
La Adri At Tilmidz aw Abu Tilmidz | 1401 H | Sunniy Salafy | Bekasi Timur – Indonesia

Seorang Murid, tholibul ilmi yang tidak tahu apa-apa dan mencoba untuk mengetahui Islam dengan pemahaman yang benar. Semangat dakwah yang tinggi, insya Allah bi idznillah dengan bimbingan ulama Ahlus Sunnah wal jamaah. Karena apa ? karena betapa banyak kebodohan manusia, terutama kaum Muslimin dan ilmu harus diajarkan.

Istri : Ummu Tilmidz aw Masithoh Al Atsary | 1402 H | Sunniy Salafy | Bekasi Timur – Indonesia

Putra : Harun Dzulfahmi Salaf As Shalih | 1428 H | Sunniy Salafy | Bekasi Timur – Indonesia“. [8]

Sampai disini jelas sudah namanya Abu Tilmidz ini tinggal di Bekasi Timur dan memiliki sekian alamat email dan website.

Iseng Kedua : Nama aslinya ?

Keisengan itu terus berlanjut, maklum di situs Fakta banyak tulisan saya yang dimuat, yang tidak mungkin saya kirim ke situs dakwah resmi atau situs ikhwan lainnya. Selain kapasitas saya cuma orang bodoh di dalam dienul Islam, bukan representasi mewakili ustadz Salafy, murid ustadz, ulama, murid ulama atau seorang santri ma’had. Kebetulan saya dipercaya memiliki sertifikat untuk orang yang iseng ini, yakni “riset internet dan evaluasi”, maka hanya itu yang saya mampu, menyajikan informasi dan meracau dari data dan fakta semata. Selebihnya terserah redaksi situs fakta.blogsome.com itu sendiri.

Berbekal informasi awal alamat emailnya yang paling sahih dan valid, serta sering dipakai adalah tilmidzi@yahoo.com , maka yang tampak dari hasil pencarian bahwa Abu Tilmidz adalah aktifis mailing list atau milis manhaj-salaf@yahoogroups.com .[9] Nampak disana tertulis : “From: Abu Tilmidz Date: Jan 16, 2006 7:18 PM Subject: [manhaj-salaf] [Bagian 10] Arti Sebuah Keteguhan Iman To: manhaj-salaf@yahoogroups.com .”Demikian hasil searching itu, lantas coba kita crosscheck ke situs milis tersebut.

Alamat utama situs mailing list manhaj-salaf adalah http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf. Ternyata saat kita buka yang tampil justru ybs adalah Admin alias pembuat mailing list manhaj-salaf ini.

Gambar 1. Screen shot halaman utama situs mailing list manhaj-salaf@yahoogroups.com dan komentar. [10]

Seperti kita ketahui, mailing list atau milis adalah sarana untuk seseorang yang telah memiliki email untuk dapat saling berkomunikasi dengan sesama anggota. Sehingga seseorang yang ingin mengirimkan email ke seluruh anggota milis manhaj-salaf cukup mengirimkan ke email manhaj-salaf@yahoogroups.com. Secara otomatis sistem Yahoogroups mendistribusikan ke alamat email yang telah terdaftar ke milis manhaj-salaf.

Mengingat sebuah fasilitas tanpa aturan pasti akan mengacaukan seluruh elemen sistem, maka sebagai Admin atau yang mendaftarkan milis ini ke Yahoogroups, Abu Tilmidz berhak mengangkat dan memberhentikan moderator disana. Fungsi moderator nantinya berupaya memfilter tulisan yang laik/tidak untuk disebarkan ke seluruh anggota milis tersebut. Tercatatlah alamat email tilmidzi@yahoo.com sebagai pemilik dan pengelola merangkap moderator, dibantu nickname (nama alias) nashirussunnah (nashirussunnah@yahoo.com) dll. Nantikan di “Iseng Keempat” tentang nashirussunnah ini, insya Allah.

Berbekal tulisan “La Adri At Tilmidz”, ternyata dapat ditemukan bahwa nama aslinya Dewa Inskari Harry Putra[11]. Menurut situsnya sendiri yakni http://www.geocities.com/dewa_inskari/nikah/ZAUJATI2.htm, ternyata nama aslinya adalah “Dewa Inskari Harry Putra“. Tertulis nama nick namenya “Abu Tilmidz | La Adri At Tilmidz”. “Putra ke dua Bpk. R. Harry Trianto”[12]. Disana diinformasikan ybs Akad Nikah : Ahad, 9 Juli 2006 Pkl. 10.00 WIB Bulak Perwira RT. 05 / 17 No. 20 Kelurahan Perwira, Bekasi Utara. Menurut informasi database di milis Salafiyyin adalah Dewa Inskari Harry Putra[13] untuk nama hijrah “La Adri At Tilmidzi”dan beralamatkan di Bekasi Timur.

Sampai disini mulai terbuka sudah jati diri yang ada di balik nama aneh tersebut.

Iseng Ketiga : Melacak aktivitas lewat Internet

Demi mencari jejak yang terkait dengan kata “La Adri at Tilmidzi”, maka perlu dilakukan pencarian, bila lewat Google ditemukan sbb :

a. http://sunniy.wordpress.com/ alias http://www.tilmidzi.tk alias

http://www.jendelasalafy.blogspot.com adalah milik Abu Tilmidz

Jelas siapa pemiliknya. Di bagian Hizbiyyah, dimasukkan tahdzir ustadz Abdul Mu’thi pada Fakta, berarti situs fakta sudah termasuk situs hizbiyyah
b. http://jeda.co.nr/ alias http://sunniy.wordpress.com/buku-sunniy-chm/ adalah milik Abu Tilmidz

Ini adalah situs Jendela Dakwah yang dibuat oleh Abu Tilmidz. Artikel kategori Firqah-Hizbiyyah, juga dimasukkan tahdzir ustadz Abdul Mu’thi pada Fakta, berarti situs fakta sudah termasuk situs hizbiyyah menurut anggapan Abu Tilmidz [14]

c. http://tilmidzi.googlepages.com/ adalah milik Abu Tilmidz

Bukti kepemilikan website ini, selain dari namanya, juga pernah dipromosikan di milis Assunnah pesan ke 31085 [15] yang bertajuk “Re: tanya ebook – Pengurusan jenazah”. Pada file http://tilmidzi.googlepages.com/praysalat.zip, yang berjudul “Sholatlah Kamu Sebelum Ajal menjemputmu”, terdapat video bergambar manusia

d. http://www.geocities.com/dewa_inskari adalah milik Abu Tilmidz
Sesuai hasil temuan lewat kata kunci di atas, ditemukan nama asli La Adri adalah Dewa Inskari. Tentunya situs ini cocok dengan nama aslinya. Lewat artikel di milis Assunnah@yahoogroups.com nomor 29261 [16], dipastikan adanya pesan bertajuk “ebook | Pra Nikah & Pasca Nikah”yang dikirim oleh Abu Tilmidz pada Fri Nov 3, 2006 4:35 pm. Isinya menukil situsnya sendiri “Berikut ini adalah ebook pasca nikah dan pra nikah, semoga bermanfaat http://www.geocities.com/dewa_inskari/download/ZAWJI.zip”.

e. http://www.geocities.com/tilmidzi/AbuTilmi.htm adalah milik Abu Tilmidz
Jelas ditulis sesuai namanya, memakai direktori tilmidzi dan melink ke situs utamanya, http://www.tilmidzi.tk, yakni : “Abu Tilmidz At Tilmidzi HOME http://www.tilmidzi.tk”. Dikuatkan dengan posting Abu Tilmidz pada milis assunnah pesan ke 20739 bertajuk “Tanya Adab Berbicara/Mengobrol Di Jalan”pada Mon Oct 31, 2005 4:31 pm.[17] Isinya nukilan situsnya sendiri”dari situsnya sendiri yang beralamat di http://www.geocities.com/tilmidzi/tilmidzi/Etika_Kehidupan_Muslim_Sehari.htm”.

f. salafuna.wordpress.com adalah milik Abu Tilmidz
Situs yang dikelola Abu & Ummu Tilmidz, banyak memuat artikel gubahannya sendiri, nampak tidak mengutip sana-sini.

g. Abu Tilmidz mengirimkan pesan penuh keakraban di buku tamu situs http://salafiyunpad.wordpress.com/buku-tamu/ milik Abu Zayd Amirulhuda el-Posowy. Padahal situs ini lengkap sekali menunjukkan hubungan situs-situs Turotsi se Indonesia, publikasikan kajian mereka, dst. Simak gambar 1a yang menunjukkan keramahannya pada Turosi itu :

Gambar 1a. Screen shot keakraban Abu Tilmidz dan pengelola situs salafiyunpad.wordpress.com, terekam pada tanggal 26 Oktober 2007. [18]

h. Kembali Abu Tilmidz mengirimkan pesan ke situs abuzubair.wordpress.com yang dikelola oleh Danny K Abu Zubair. Abu Zubair merekomendasi situs Turotsi se Indonesia, termasuk abusalma.wordpress.com milik Abu Salma murid Abdurrahman Tamimi dan situs LBIA muslim.or.id, muslimah.or.id, manhaj.or.id, situs Muhammad Salman al Farisi almanhaj.or.id, Simak gambar 1b untuk lebih jelasnya.

Gambar 1b. Tulisan Abu Tilmidz pada 15 Maret 2008 di buku tamu situs abuzubair.wordpress.com milik Abu Zubair Danny K[19]

i. Abu Tilmidz juga pembaca situs yayasan Al Sofwa, lantas meninggalkan pesan seperti di buku tamu pada tanggal 8 Maret 2007 di gambar 1c sbb :

Gambar 1c. Seorang yang memakai nama Abu Tilmidz yang beralamat internet jeda.co.nr meninggalkan pesan di buku tamu situs yayasan Al Sofwa http://www.alsofwah.or.id pada 8 Maret 2007 yang silam [20]

j. Abu Tilmidz juga meninggalkan pesan di halaman buku tamu situs penjejak dakwah yayasan Al Sofwa (tampak ada kajian Al Sofwa disana http://aditya06.wordpress.com/jadwal-pengajian/) yakni aditya06.wordpress.com milik Aditya.

Gambar 1d : Abu Tilmidz mengisi buku tamu situs yang merekomendasikan yayasan Al Sofwa dkk [21]

Situs Aditya juga merekomendasikan situs Muhammad Salman Farisi http://www.almanhaj.or.id, Yayasan Al Sofwa http://www.alsofwah.or.id, Muslim.or.id, situs FSMS Surabaya yang diketuai Abu Salma murid Abdurrahman Tamimi Al Irsyad Surabaya, situs Darul Haq milik Al Sofwa

k. Abu Tilmidz juga menunjukkan keakraban dengan Abu Muadz Yusuf Al Malanji (Murid Agus Hasan Bashari penerjemah Fatwa Al Irsyad yang menghina para ulama pewaris para Nabi. Update terakhir telah ditahdzir oleh saudaranya sendiri, Abdurrahman At Tamimi dkk. Lebih lengkap lihat artikel http://fakta.blogsome.com/2008/03/19/perang-saudara-pendusta-vs-pendusta/ ),Yusuf ini adalah teman dekat Abu Ali Qiblati yang pernah mengancam untuk membunuh Abu Dzulqarnain Abdul Ghafur. Dia mengirim pesan nan akrab pada tanggal 12 April 2008 di almalanji.wordpress.com. Lihat gambar 1e sbb :

Gambar 1e: Abu Tilmidz mengirimkan pesan ke situs almalanji.wordpress.com milik Abu Muadz Yusuf al Malanji pada tanggal 12 April 2008.[22]

Situs Abu Muadz merekomendasikan situs sesama penjejak Turotsi seperti Abu Salma murid Abdurrahman Tamimi dari Al Irsyad Surabaya, Abu Zaid el-Posowy, situs FSMS Surabaya yang diketuai Abu Salma, Al Manhaj yang dikelola Muhammad Salman Al Farisi, dst.

l. Sementara bila memakai nama aslinya “Dewa Inskari”, dapat ditemukan sbb :

“Dewa Inskari
07-05-2007 | 07:41:07 | koneksi: 1.0 proxy.corp.snsgroup.co.id: | ip: (202.152.17.52) | proxy: (unknown) (http://www.ilmuwebsite.com/detil_php_tutorial/2/_Membuat_System_LOG_dengan_FLAT_FILE/)”. Nampaknya Abu Tilmidz kerja di PT. Sinar Niaga Sejahtera Bekasi dengan alamat internet snsgroup.co.id.

Ditambah lagi menurut milis Manhaj-Salaf yang dikelolanya, pada pesan ke 1042 yang dikirimkan nickname La Adri pada Tue, Oct 4, 2005 at 7:41 AM, disebutkan :

“Best Regards,
Dewa Inskari Harry Putra

tilmidzi’s personal website http://www.tilmidzi.tk

Logistics Crew Of Jabekban

PT. Sinar Niaga Sejahtera

Jl. Wahab Affan No. 135 Medan Satria, Bekasi Barat 17132
Jawa Barat – Indonesia
(021) 8843210 Ext. 1116″
Semoga tulisan nyata yang dapat diakses oleh siapapun ini tidak menjadi cap “mata-mata”, penyusup, makin lekat pada diri penulis. Lihat saja sumbernya adalah tempat-tempat publik yang mudah dijangkau oleh siapapun yang rela menyempatkan waktunya.

Iseng Keempat : Membedah milis-milis LAT
Sementara aktivitas “La Adri at-Tilmidz” alias LAT yang mampu dipantau di mailing list Internet untuk mengetahui siapa saja teman duduknya, bagaimana manhajnya, sbb :

a. http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/

LAT adalah admin mailing list manhaj-salaf@yahoogroups.com. Berikut buktinya : “Assalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuhu Alhamdulillah… segala puji bagi Allah Subhanahu wata’ala, Shalawat dan salam semoga selalu dilimpahkan untuk Rasululloh Shallallahu’alaihi wasallam dan keluarganya, shahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in dan para ulama salaf. Insya Allah forum ini dapat digunakan untuk berdiskusi tentang Islam yang Istiqomah pada Al Qur’anul Kariim dan As Sunnah berdasarkan pemahaman Salafus Shalih Wassalaamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuhu. Admin tilmidzi@yahoo.com”. [23]

Mailing list ini dibuat 10 September 2004, dipakai mulai 11 September 2004, terakhir ada aktivitas tanggal 18 Mei 2008. Surat ini ditulis pada 20 Mei 2008 / 14 Jumadil Awal 1429 H.
Pada tanggal 30 Maret 2008, mailing list Manhaj Salaf yang dikelola Abu Tilmidzi masih berbau Turotsi, misal http://www.mail-archive.com/manhaj-salaf@yahoogroups.com/msg00584.html [24]. Bila pembaca menjadi anggota milis manhaj-salaf ini, maka ketika klik pada bagian Show message options – lantas View Source, maka pembaca akan melihat header email dari pesan email tersebut.

 

 
 

 

Mohon maaf, sekarang kuliah per-emailan, agak sulit sedikit harap maklum. Perlu diketahui bahwa setiap pesan yang masuk ke milis lewat alamat manhaj-salaf@yahoogroups.com, apabila milis tersebut diset untuk “Messages require approval”, maka email akan ditunda penayangannya, sampai disetujui salah satu moderator. Guna memantau siapakah yang mengijinkan email tersebut tersebar ke seluruh anggota milis tersebut, maka diberi cap “X-eGroups-Approved-By:”pada header email tersebut.

Penulis mengambil contoh untuk pesan bertajuk “>>informasi kajian Kebangkitan Abu Jahal – Cikarang<<“yang tampil di versi webnya di alamat http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3372. Nah disana ada tombol Show message options, klik lanjutkan klik View Source. Maka akan tampil sbb :

Gambar 2 : Tampak header email pada pesan nomor 3372 tertulis X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 31 Mar 2008. Artinya pesan ini diloloskan oleh moderator sekaligus Admin milis Manhaj-Salaf@yahogroups.com yang bernama Abu Tilmidz <tilmidzi@yahoo.com> [25]
Dengan cara yang sama, simak pesan ke 3410 yang diloloskan oleh moderator bernama nashirussunnah pada tanggal 12 Mei 2008 pada gambar 3 berikut ini.


Gambar 3 : Moderator rekan dari tilmidzi yang bernama nashirussunnah, via web pada tanggal 18 Mei 2008 meloloskan posting ke 3410 terkait promosi penerbit buku At Tibyan http://www.at-tibyan.com. Milik siapakah penerbit buku ini ? [26]

Sebenarnya pesan yang diloloskan itu hanya ‘pesan biasa’ yang tidak masalah secara manhaj Salaf ataukah pesan biasa, atau justru pesan ‘lintas manhaj’ yang disajikan ke seluruh anggota milis itu ? Penulis perlu memberikan penekanan tentang “Approved-By” yang maknanya “Disetujui olehuntuk diloloskan dan disebarkan ke seluruh anggota milis lewat alamat emailnya yang telah terdaftar…”. Sementara milis yang sedang kita sorot adalah milis berlabel Salaf, cukup indah namanya “Manhaj-Salaf”. Orang awam akan mengira inilah praktik penjejak Manhaj Salaf yang itu, dst. Ternyata pesan istimewa itu yang bernomor 3372 adalah ? Simak gambar 4 di bawah ini.

Gambar 4 : Pesan ke 3372 yang diloloskan LAT adalah kajian Abu Haidar as Sundawy di milis yang dia kelola manhaj-salaf.

Baiklah, kini dengan cara yang sama, kita dapat menyimak karakter aneh dari LAT, yang mengaku telah ruju’ pada Salafy sejak awal 2007. Berikut ucapannya sendiri : “Hingga kemudian di awal 2007 saya semakin tidak tenang hingga ahirnya Allah memberikan ketetapan kepada saya untuk pindah majelis untuk memindahkan tempat duduk saya bermualazamah menuntut ilmu kepada asatidz Salafy [27]”.

Marilah kita uji kejujuran manhajnya lewat kutipan mailing list yang dia kelola selama rentang bulan Maret 2007 – bulan Mei 2008, mengingat bulan Januari – Februari 2007 termasuk “awal 2007“, ybs masih bimbang dst. Berikut posting email yang diloloskan Abu Tilmidz dengan nama nick tilmidzi dan rekannya sendiri nick Nashirussunnah sbb :

1. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Dukung Proyek Pencetakan Buku Gratis!!”yang dikirim oleh “Ronny as-Salafi” pada Wed Jan 30, 2008 8:18 pm.
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 04 Feb 2008 05:29:20 0000”
Kutipan keanehan email : “PROYEK PENCETAKAN BUKU GRATIS. Sumber:
http://abusalma.wordpress.com/2008/02/03/proyek-pencetakan-buku-gratis/
Ditulis oleh abu salma di/pada Februari 3, 2008. Rekening: BCA KCP Lawang 3161247471 a.n. Moch. Rachdie Pratama. Setelah melakukan transfer, harap memberikan konfirmasi dengan mengirimkan sms atau email ke alamat di bawah ini : Email: abu.salma81@gmail[dot]com HP: 0888353558 [28]”.
Komentar : Tahukah LAT siapakah Abu Salma ? Inilah yang diloloskan oleh Tilmidzi pada 4 Februari 2008 yang silam

2. Rekan Tilmidzi yang juga dipercaya sebagai moderator—nashirussunnah—meloloskan pesan berjudul “Cerita Tsa’labah”yang dikirim oleh “Donny Aliredja” pada Thu Nov 8, 2007 10:19 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: nashirussunnah via web; 09 Nov 2007 06:26:12”
Kutipan keanehan email : “Assalamu’alaykum, Ini hasil cari2 di almanhaj.or.id Mudah2an bermanfaat Meluruskan Cerita Tentang Tsa’labah Bin Haathib Senin, 5 Nopember 2007 10:21:42 WIB MELURUSKAN CERITA TENTANG TSA’LABAH BIN HAATHIB Oleh
Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas[29]”.
Komentar : Moderator nashirussunnah meloloskan posting Turotsi terkenal Yazid Jawwas. Inilah akibat manhaj campur-aduk itu.

3. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “tanya: solat jumat musafir” yang dikirim oleh “alghurahy” pada Wed Oct 3, 2007 5:04 am
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 04 Oct 2007 00:10:23 0000”
Kutipan keanehan email : “tulisan ustadz abdullah al-hadromi—> SEPUTAR HUKUM SHALAT JAMADAN QASHAR. tulisan ustadz abu salma al-atsari—> Shalat Jama’ dan Qashar.[30]”
Komentar : Tilmidzi sendiri yang katanya ruju’ di awal 2007, masih meloloskan pesan milis yang ditulis oleh alghurahy dengan kutipan tulisan Abdullah Al-Hadromi dan Abu Salma.

4. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Silaturahmi” yang dikirim oleh Budi Ari pada Sun Sep 30, 2007 7:43 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 02 Oct 2007 00:14:15 0000”
Kutipan keanehan email : “Silaturahmi Oleh : Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafizhahullaH “[31]
Komentar : Tilmidzi meloloskan tulisan Yazid Jawas lagi

5. Nashirussunnah meloloskan pesan berjudul “Tanya : hadits dan salat ghaib”yang dikirim oleh indra abu dawud pada Sat Sep 8, 2007 3:12 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: nashirussunnah via web; 08 Sep 2007 22:20:07 0000”
Kutipan keanehan email : “Di situs almanhaj.or.id, pembahasan tentang puasa,dituliskan penjelasan dari Ustadz ‘Abdul Hakim mengenai dhaifnya hadits berikut ini…[32]”
Komentar : Kali ini mempromosikan situs Turotsi almanhaj dan Abdul Hakim, disetujui nashirussunnah

6. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Dauroh Islam Ilmiyyah Batam bersama Ustad Abu Qotadah”yang dikirim oleh Agus Purwanto pada Sun Aug 19, 2007 11:37 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 21 Aug 2007 03:55:48 0000”
Kutipan keanehan email : “Dauroh kajian islam ilmiyyah bersama al ustadz Abu Qotadah dari Tasik Malaya. Lajnah dauroh Yayasan Islam al Kahfi Batam[33]”
Komentar : Tilmidzi meloloskan posting terkait kajian Abu Qotadah, da’i resmi yayasan Al Sofwa

7. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Undangan = Kajian Islam Intensif – Daurah Kobe 11 – Jepang”yang dikirim oleh pada Joy Rizki PD joy_rizki pada Mon Aug 6, 2007 3:09 am.
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 07 Aug 2007 00:09:40 0000 Kutipan keanehan email : “*Pembicara: *Al Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas[34]
Komentar : Tilmidzi kembali meloloskan posting Yazid Jawas, padahal katanya sudah ruju’ awal 2007. Tanggal 07 Agustus 2007 adalah pertengahan tahun 2007, sudah lewat 8 bulan dari awal tahun 2007.

8. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Waspadailah Fitnah Sururiyyah !! “yang dikirim oleh “Abu Fahmi Abdullah” pada Sun Jul 29, 2007 11:36 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 30 Jul 2007 08:29:54 0000 ”
Kutipan keanehan email : “Waspadailah Fitnah Sururiyyah !! Penulis: Ustadz Arif Fathul Ulum bin Ahmad Syaifullah[35]”
Komentar : Arif Fathul Ulum, dai Turotsi dari Surabaya diloloskan oleh Tilmidzi

9. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “BUKU DAKWAH SALAFIYAH DAKWAH BIJAK” yang dikirim oleh “Abu Fahmi Abdullah” pada Sun Jul 29, 2007 11:46 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 30 Jul 2007 08:30:24 0000 ”
Kutipan keanehan email : “BUKU DAKWAH SALAFIYAH DAKWAH BIJAK Oleh Ustadz Abu Ahmad As-Salafi. [Disalin dari Majalah Al-Furqon Edisi 08 Tahun VI/Robi’ul Awwal 1428H [April 2007], Diterbitkan Lajnah Dakwah Ma’had Al-Furqon, Alamat Maktabah Ma’had Al-Furqon, Srowo Sidayu Gresik Jatim 61153] “[36]
Komentar : Tilmidzi kembali meloloskan da’i yang seide untuk membela Ihya-at Turats al Islami

10. Tilmidzi kembali meloloskan pesan berjudul “TALBIS SALAFI HAROKI “yang dikirim oleh “Abu Fahmi Abdullah” pada Sun Jul 29, 2007 11:42 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 30 Jul 2007 08:31:06 0000 ”
Kutipan keanehan email : “TALBIS SALAFI HAROKI Oleh Ustadz Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifulloh[37]”
Komentar : Tilmidzi kembali meloloskan da’i yang seide untuk membela Ihya-at Turats al Islami

11. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “GARIS PEMISAH ANTARA DAKWAH SALAFIYAH DAN DAKWAH HIZBIYYAH” yang dikirim oleh “Abu Fahmi Abdullah” pada Sun Jul 29, 2007 11:57 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 30 Jul 2007 08:31:41 0000”
Kutipan keanehan email : “GARIS PEMISAH ANTARA DAKWAH SALAFIYAH DAN DAKWAH HIZBIYYAH Oleh Ustadz Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifulloh[38]”
Komentar : Komentar : Tilmidzi kembali meloloskan da’i yang seide untuk membela Ihya-at Turats al Islami

12. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Tidak menyukai Jabatan dalam Urusan Pemerintahan (1)” yang dikirim oleh Budi Ari pada Sun Jul 29, 2007 9:00 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 30 Jul 2007 05:18:58 0000”
Kutipan keanehan email : “Hadirilah Kajian rutin mingguan (khusus ikhwan/laki-laki) Kitab Shahih al Bukhari beserta syarahnya (Kitab Fathul Baari). Setiap Sabtu, jam 08.30-11.00 WIB, di Mesjid al Mubarak, Krukut-Kota (Belakang Gedung Pos Kota) bersama al Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat.[39]”
Komentar : Meloloskan promosi kajian Abdul Hakim Abdat

13. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Daurah Syar’iyyah Surabaya 28-29 Juli 2007 Ust Abu Qotadah & Ust” yang dikirim oleh “Teguh Prihattanto” pada Thu Jul 26, 2007 3:47 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 27 Jul 2007 00:05:20 0000”
Kutipan keanehan email : “Hadirilah, Daurah Syar’iyyah Surabaya Insya ALLOH diadakan pada : Hari : Sabtu, 28 Juli 2007 Pukul : 08.00-13.00 WIB Tema : Kaidah2 dalam Beribadah Ustadz : Abu Qotadah Hari : Minggu, 29 Juli 2007 Pukul : 08.00-selesai Tema : Masih dalam konfirmasi .. Ustadz : Yazid bin Abdul Qodir Jawas[40]”
Komentar : Tilmidzi meloloskan promosi Yazid Jawas dan Abu Qotadah

14. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “DAUROH SYAR’IYYAH di Sidoarjo” yang dikirim oleh riva fauziah rifa fauziah pada Tue Jul 24, 2007 3:06 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 26 Jul 2007 00:31:42 0000”
Kutipan keanehan email : “Tanggal/Hari : Tgl. 22 Juli 2007 / Ahad( Jam 06.00 – 08.00 ) Tempat : Masjid Al-Kholil Abu Tauhid ( Jl. Monginsidi / Depan KBIH Rohmatul Ummah ) Materi : “BIMBINGAN ISLAM UNTUK PRIBADI & MASYARAKAT” Pembicara : Ustadz Abu Ihsan Al Atsari, Lc. (dari Medan) { Penerjemah Kitab Tafsir Ibnu Katsir diterbitkan oleh Pustaka Imam Syafi’i } [41]”
Komentar : Benar, Abu Ihsan adalah penerjemah kitab tsb bersama-sama dengan Dr. Hidayat Nur Wahid dkk. Dan Tilmidzi lagi yang meloloskannya.

15. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Orang Mulia, Putra dari Orang Mulia … “yang dikirim oleh Budi Ari pada Sun Jul 22, 2007 9:01 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 23 Jul 2007 04:24:02 0000”
Kutipan keanehan email : “Hadirilah, Kajian rutin mingguan (khusus ikhwan/laki-laki) Kitab Shahih al Bukhari beserta syarahnya (Kitab Fathul Baari). Setiap Sabtu, jam 08.30-11.00 WIB, di Mesjid al Mubarak, Krukut-Kota (Belakang Gedung Pos Kota) bersama al Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat[42].”
Komentar : Kembali Tilmidzi promosi kajian Abdul Hakim Abdat

16. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Antara Kritik Syar’i Dengan Kebencian Pribadi” yang dikirim oleh pada “Abu Fahmi Abdullah” pada Wed Jul 18, 2007 7:50 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 19 Jul 2007 03:40:03 0000”
Kutipan keanehan email : “BULETIN: Fiqh Nasehat, Antara Kritik Syar’i Dengan Kebencian Pribadi Oleh: Al-Ustadz Fariq Bin Gasim Anuz[43]”
Komentar : Tilmidzi meloloskan tulisan Fariq bin Gasim Anuz dari tetangga sebelah

17. Nashirussunnah meloloskan pesan berjudul “Beragama Yang Benar, Kunci Kebahagiaan Seorang Hamba (Diambil dari Makalah Kajian PT Telkom Semarang) Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.[44]” yang dikirim oleh “Abu Fahmi Abdullah” pada Thu Jul 5, 2007 9:09 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: nashirussunnah via web; 06 Jul 2007 06:37:16 0000”
Kutipan keanehan email : “Beragama Yang Benar, Kunci Kebahagiaan Seorang Hamba (Diambil dari Makalah Kajian PT Telkom Semarang) Penulis: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.”
Komentar : Rekan Tilmidzi, nashirussunnah sedang menyetujui promosi Kholid Syamhudi

18. Nashirussunnah meloloskan pesan berjudul “MENYINGKAP SYUBHAT TERHADAP DAKWAH SALAFIYYAH” yang dikirim oleh “Abu Fahmi Abdullah” pada Thu Jul 5, 2007 7:09 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: nashirussunnah via web; 06 Jul 2007 03:34:07 0000”
Kutipan keanehan email : “MENYINGKAP SYUBHAT TERHADAP DAKWAH SALAFIYYAH Ditulis oleh abusalma di/pada Juli 5th, 2007″[45]
Komentar : Jelas, nashirussunnah meloloskan sesamanya

19. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Re: [manhaj salaf] Konfirmasi Kajian” yang dikirim oleh “melda syl” pada Wed Jun 27, 2007 12:56 am
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 27 Jun 2007 08:13:10 0000”
Kutipan keanehan email : “Thema : “TELAH DATANG ZAMANNYA “Pemateri: Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat ( Abu Unaisah ) (Penulis Buku)[46]”
Komentar : Jelas, Tilmidzi meloloskan posting terkait Abdul Hakim Abdat

20. Nashirussunnah meloloskan pesan berjudul “Bedah Buku Dosa-Dosa Besar” yang dikirim oleh “Warno” pada Mon Jun 25, 2007 2:17 am
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: nashirussunnah via web; 25 Jun 2007 13:41:06 0000”
Kutipan keanehan email : “Bedah Buku “Dosa-dosa Besar” Pemateri : Ustadz Ali Saman LC Waktu : KAMIS, 28 Juni 2007, Jam 18.00 – 19.30WIB”
Komentar : Nashirussunnah loloskan kajian ustadz Ma’had Ali Al Irsyad, Butuh, Tengaran, Salatiga

21. Nashirussunnah meloloskan pesan berjudul “Kajian di Seputaran Kebon Jeruk-JakBar” yang dikirim oleh “Muhammad Haryo” pada Wed May 2, 2007 9:35 pm
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: nashirussunnah via web; 03 May 2007 05:40:11 0000”
Kutipan keanehan email : “hari sabtu, di masjid Ar-Rahmat Slipi, Jl Anggrek Cendrawasih. Jam 09-11 WIB. Materinya Shahih Bukhari, RIyadhush Shalihin, dan materi tematis lainnya [bergantian]. ustadz2nya juga bergantian :: Ust. Zainal Abidin Syamsuddin, Ust. Djazuli, Ust. Syaikh Mudrik.[47]”
Komentar : Nashirussunnah meloloskan kajian da’i resmi yayasan Al Sofwa, Zainal Abidin dkk
Ditambahkan lagi posting yang paling kontroversial menurut manhaj Salaf, yakni meloloskan pemikiran nyeleneh dan para pembawanya sbb :

22. Tilmidzi memposting sendiri pesan berjudul “Bedah Buku : JIHAD DALAM PANDANGAN ISLAM – Bekasi Timur” yang dikirim pada Mon Mar 12, 2007 5:07 pm.

Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 13 Mar 2007 00:08:42 0000”
Kutipan keanehan email : “Hadirilah Bedah Buku: “JIHAD” Dalam Pandangan Islam Karya: Ustad Yazid bin Abdul Qadir Jawas Pembicara: Ustad Yazid bin Abdul Qadir Jawas”
Komentar : Bulan Maret 2007 apakah termasuk awal 2007 ? Akan tetapi masih juga posting kajian Yazid Jawas

23. Tilmidzi memposting sendiri pesan berjudul “[Bagian 1] Sepercik Cahaya Keindahan Islam” pada Wed Mar 14, 2007 5:20 pm berseri sampai bagian 14 yang terakhir diposting pada Mar 14, 2007 5:24 pm.
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 15 Feb 2007 00:39:57 0000”
Kutipan keanehan email : “Sepercik Cahaya Keindahan Islam * Penulis: Ustadz Muhammad Arifin Badri [48]”
Komentar : Tulisan Muhammad Arifin Badri yang getol membela Ihya-at Turats diposting dirinya sendiri secara berseri 1- 14 sejak Feb 14, 2007 4:45 pm

24. Tilmidzi meloloskan pesan berjudul “Pengakuan Jujur Seorang Penyusun Buku “Hakikat IM”” yang dikirim oleh “aa_teds” pada Thu Jul 26, 2007 2:54 am
Kutipan header email : “X-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 27 Jul 2007 00:04:52 0000”
Kutipan keanehan email : “Pengakuan Jujur Seorang Penyusun Buku “Hakikat IM “Written by gaza Friday, 01 June 2007 ”
Komentar : Inilah tulisan si seribu wajah, Joko Waskito dengan nama Anwar Shiddiq, postingan ini juga diloloskan Tilmidzi

25. Tilmidzi juga memposting pesan berjudul “Re: [manhaj salaf] Tentang perpecahan…”yang dikirim oleh La Adri tilmidzi pada Sun Jul 29, 2007 6:21 pm

Kutipan header email : “-eGroups-Approved-By: tilmidzi via web; 30 Jul 2007 01:25:22 0000”
Kutipan keanehan email : “masya Allah… yaa tholibul ilm, kita ini para umat yang sedang tertatih-taih menegakkan dakwah salafiyah di kampung atau di kantor yang object dakwahnya awam semua, kita ini tidak memiliki apa-apa dan musuh kita mulai dari orang kafir sampai ahlul bid’ah. Ana dimarahi ust As Sewed, “ngapain antum duduk di majlis Hakim Abdat, gak usah baca buku lau kaana khoiron lasabaquna ilaihi, itu buku susuri..” Ana juga dimarahu ust Yazid, ngapain antum duduk di majlis As Sewed, jgn dengerin kajian Asykari nanti seperti dia…” Ya Allah… ana ikhlas di marahin sana sini, ana ikhlas diomelon temen-temen, “antum dah berubah haluan ya.. antum salafy campur aduk. Ana ikhlas dijauhi temen-temen. Tugas dakwah ana masih banyak, tugas ana masih banyak di kampung ngebina anak-anak kecil yang awam, ngelawan dukun dan kiayi bid’ah, dihajar sana sini oleh para sufi dan penyembah kubur. Allahu musta’an… Allahul musta’an… yaa ikhwah salafiyyin bersatulah antum dan biarkan para ustadz yg memahami masalah ini yang lebih paham, boleh antum ngaji terserah antum tapi jgn menghalang-halangi penuntut ilmu dan taklim mereka !! Bantulah saudara antum dan dakwahkan manhaj ini semampu antum !”
Komentar : Tilmidzi sedang menasehati agar pembaca ikutan bingung bersama dirinya

Kalau dicari berdasarkan kata “abu ihsan”, maka bertaburan di milis manhaj-salaf sbb : 23 November 2007 [49], May 11, 2006, Feb 2, 2005. Disebarkan anggota milis lain bertaburan antara Oct 18, 2004 – Jul 25, 2007 sebanyak 18 email.[50] Sementara nama Abdul Hakim bin Amir Abdat disebarkan oleh Abu Tilmidz sendiri di milist manhaj salaf sbb : Dec 11, 2005, Dec 5, 2005, Aug 13, 2005, Aug 9, 2005, May 31, 2005, Dec 15, 2004 dst. Disebarkan anggota milis lain bertaburan antara Oct 7, 2004 – Dec 17, 2007 sebanyak 106 email.[51] Itulah hakikat milis Manhaj-Salaf yang membingungkan ummat.

Siapakah rekan moderator Abu Tilmidz yang ber-yahoo-id nashirussunnah ini ? Lewat catatan kaki yang tampil pada setiap pesan di milis manhaj-salaf, bisa nampak tulisan yang terkait kata “nashirussunnah”yakni : “Yayasan Nashirussunnah Indramayu Akta Notaris Fatimah Saleh SH No. 96 tanggal 25 April 2006 … an Taryaman (Ust. Abu Ayyub Taryaman Ibrahim)…”Ya, nama Ibrahim Taryaman, Indramayu pernah diusulkan oleh rekannya, Yusuf Utsman Ba’isa,—da’i resmi Ihya’at Turats Al Islami Kuwait—pada acara daurah Ma’had Ali Al Irsyad 10 – 13 Juli 2006 pada nomor urut 141 file peserta_daurah_alirsyad_10072006-4.jpg di direktori kelompok – turotsi – bukti. Jadi ternyata Abu Tilmidzi berdampingan dengan seorang ‘anggota turotsi’ aktif?

Link yang direkomendasikan di milis manhaj-salaf, bisa ditemukan di halaman awal situs milis Manhaj-Salaf, klik Links sbb [52] :
– Al – Manhaj
Kumpulan artikel- artikel yang cukup lengkap diatas pemahaman As-Shalafus shalih
http://www.almanhaj.or.id

Perekomendasi : tilmidzi
– Bagi-Bagi File
Download Center File Bermanfaat
http://annajiyah.notlong.com

Perekomendasi : tilmidzi
– Jendela Dakwah Online
Kumpulan ebook versi chm yang dicompile oleh La Adri At Tilmidz
http://jeda.co.nr

Perekomendasi : tilmidzi
– Ma’had Nashirussunnah Al-Islamiy
Situs Ma’had Nashirussunnah Al-Islamiy yang berlokasi di Indramayu – Jawa Barat
http://nashirussunnah.cjb.net

Perekomendasi : nashirussunnah
– Salafy Indonesia
Salafy Indonesia

Salafy Meniti Jejak Salafush Sholih


Perekomendasi : tilmidzi
– tilmidz’s personal website

website pribadi Abu Tilmidz
http://cahayasalafy.blogspot.com

Perekomendasi : tilmidzi
Website Almanhaj jelas milik penjejak Turotsi, lihat screen shot berikut ini pada gambar 5 :

Gambar 5 : Lihat link teratas adalah situs Al – Manhaj yang menjejaki pembela Ihya-at Turats al Islamy direkomendasikan. Sumber : http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/links atau disimpan di http://img212.imageshack.us/img212/9766/groupsyahoocomgroupmanhjo8.jpg

Footnote:
[1] http://sunniy.wordpress.com/man-ana/
[2] http://www.geocities.com/tilmidzi/AbuTilmi.htm
[3] http://groups.yahoo.com/group/salafiyyin/database?method=reportRows&tbl=1
[4] http://sunniy.wordpress.com/man-ana/
[5] http://muslimsalafy.googlepages.com / [redirect ke http://sunniy.wordpress.com/buku-sunniy-chm/ ] berarti memiliki Googlee ID muslimsalafy. Dan terlacak alamat emailnya muslimsalafy@gmail.com . Diperkuat posting ke milis manhaj-salaf@yahoogroups.com , pesan ke 3113 yang bertajuk “Download Rekaman mp3 http://audiosalafy.co.nr/ | Hak Seorang Muslim ” pada Wed Aug 1, 2007 5:41 pm, yang memakai nick name (nama samaran) “La Adri” dengan email ini.
[6] Menurut http://www.geocities.com/dewa_ihp/tilmidzi/ , berarti memiliki Yahoo ID dewa_ihp, dan emailnya dewa_ihp@yahoo.com . Diperkuat posting ke milis manhaj-salaf@yahoogroups.com , pesan ke 2063 yang bertajuk “RE : Bantahan syaikh Al Albani Tentang Cadar” pada Tue May 16, 2006 6:08 am, yang memakai nick name “La Adri” dengan email ini.
[7]

 

 
 

Nampak alamat email ini saat mengirimkan posting ke milis Manhaj-Salaf pesan ke 3032 dikirim pada Jul 3, 2007 11:30 pm bertajuk ” [Bagian 11-16][TAMAT] Membongkar Pikiran Hasan Al Banna dan Pewarisnya”, nampak jelas pengirimnya “Dewa Inskari Harry Putra .”
[8] http://sunniy.wordpress.com/man-ana/
[9] http://almuhandisun.blogspot.com/2006/01/bagian-10-arti-sebuah-keteguhan-iman.html
[10] http://img441.imageshack.us/img441/7735/groupsyahoocomgroupmanhln9.jpg
[11] http://www.geocities.com/dewa_inskari/nikah/ZAUJATI2.htm . Atau di http://img501.imageshack.us/img501/5995/wwwgeocitiescomdewainsker3.jpg . Berarti Yahoo ID Abu Tilmidz yang ketiga setelah tilmidzi, dewa_ihp, juga dewa_inskari.
[12] http://www.geocities.com/dewa_inskari/nikah/ZAUJATI2.htm
[13] http://groups.yahoo.com/group/salafiyyin/database?method=reportRows&tbl=1
[14] http://sunniy.wordpress.com/2008/05/15/nasihat-untuk-sebuah-blog-yang-telah-menjauhkanku-dari-salafy/#more-414
[15] http://groups.yahoo.com/group/assunnah/message/31085
[16] http://groups.yahoo.com/group/assunnah/message/29261
[17] http://groups.yahoo.com/group/assunnah/message/20739
[18] http://img514.imageshack.us/img514/1833/salafiyunpadwordpresscocf6.jpg
[19] http://img292.imageshack.us/img292/3636/abuzubairwordpresscomburp8.jpg
[20] http://img139.imageshack.us/img139/3263/alsofwahoridgbit5.jpg
[21] http://img412.imageshack.us/img412/263/aditya06wordpresscomaboza1.jpg
[22] http://img263.imageshack.us/img263/8683/almalanjiwordpresscomahiy3.jpg
[23] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/ atau http://img441.imageshack.us/img441/7735/groupsyahoocomgroupmanhln9.jpg
[24] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3372
[25] http://img263.imageshack.us/img263/7859/milismanhajsalaf3372tglny4.jpg
[26] http://img179.imageshack.us/img179/1498/groupsyahoocomgroupmanhzx6.jpg
[27] http://sunniy.wordpress.com/2008/05/15/nasihat-untuk-sebuah-blog-yang-telah-menjauhkanku-dari-salafy/
[28] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3324
[29] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3231
[30] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3203
[31] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3198?source=1&var=1&l=1
[32] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3174?source=1&var=1&l=1
[33] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3144?source=1&var=1&l=1
[34] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3120
[35] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3104
[36] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3103
[37] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3102
[38] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3101
[39] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3099?source=1&var=1&l=1
[40] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3084
[41] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3077?source=1&var=1&l=1
[42] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3071
[43] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3064
[44] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3037
[45] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3033?source=1&var=1&l=1
[46] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/3023
[47] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/2908?source=1&var=1&l=1
[48] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/message/2664?source=1&var=1&l=1
[49] http://www.mail-archive.com/manhaj-salaf@yahoogroups.com/msg00481.html
[50] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/msearch?query=%22abu+ihsan%22&submit=Search&charset=UTF-8
[51] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/msearch?query=%22abdat%22&pos=100&cnt=10
[52] http://groups.yahoo.com/group/manhaj-salaf/links atau di http://img212.imageshack.us/img212/9766/groupsyahoocomgroupmanhjo8.jpg